Kamis, 27 September 2012

Sejarah Sepak Bola



Permainan sepak bola merupakan olahraga yang tergolong sudah sangat tua usianya. Permainan sepak bola sudah dimainkan sejak ribuan tahun yang lalu meskipun masih dalam bentuk yang sederhana. Namun sampai saat ini belum ada kesatuan pendapat dari mana dan dari siapa pencipta permainan sepak bola itu. Pengakuan asal mula permainan sepak bola terdapat di berbagai Negara, diantaranya :
1.Cina
Dicina pada jaman pemerintahan kaisar cheng-Ti permainan yang menyerupai sepak bola sudah dikenal. Didalam buku kong-Fu Confucius peninggalan tentara cina, tertera gambar-gambar tentang orang bermain sepak bola. Jenis permainan tersebut pada waktu itu disebut Tsu-Chu.Tsu-Chu ini biasa dimainkan di halaman istana raja.
2. Jepang
Pada abad XIV di jepang permainan yang menyerupai sepak bola dikenal dengan sebutan Kemari. Permainan kemari ini biasa dimainkan oleh kaum ningrat jepang. Para pemain Kemari menggunakan kain sutera dan biasa dimainkan setiap bulan januari.
3. Mesir
Pada jaman Mesir kuno permainan yang menyerupai sepak bola sudah dimainkan. Terbukti pada peninggalan-peninggalan Mesir kuno dalam bentuk relief, hal ini tergambar orang-orang sedang bermain sepak bola.
4. Italia
Permainan yang menyerupai sepak bola diItalia disebut Haspartum. Kemudian permainan ini berkembang dengan sebutan Gioco del Calcio.
5. Prancis
Pada tahun 1390 diprancis permainan menyerupai sepak bola disebut Choule. Permainan ini dimainkan setiap hari minggu sore setelah kebaktian.
6. Inggris
Sepak bola diinggris sudah dimainkan sejak 2000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti pada abad XI, tengkorak-tengkorak dari penjajah bangsa Viking ditendang-tendang secara beramai-ramai menyerupai permainan sepak bola. Karna tengkorak manusia terlalu keras maka diganti dengan usus lembu yang digembungkan.

PERKEMBANGAN SEPAK BOLA DI DUNIA
Inggris adalah salah satu Negara yang paling tepat menjadi kiblat persepakbolaan modern. Dari tahun ke tahun perkembangan sepak bola diinggris mengalami perubahan keragaman.Pada tahun 1250 sepak bola dimainkan dijalan-jalan raya dengan sebutan Street Games. Karena permainan ini membahayakan maka pada tahun 1389 Raja Edward II melarang permainan sepak bola.
Pada tahun 1590 permainan sepak bola boleh dimainkan kembali. Permainan sepak bola tersebut dipindahkan tempat bermainnya di lapangan rumput, tidak lagi dijalan-jalan raya. Pada tahun 1846 dibuatlah peraturan permainan oleh Cambridge Universcity yang terdiri dari 11 pasal dan selanjutynya dikenal dengan sebutan Cambridge Rules of Football. Sejak dibuatnya peraturan, permainan sepak bola berkembang pesat, baik di inggris maupun diluar inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar